Pengumuman

Rapat Kordinasi Daerah 1 (RAKORDA) BAN SM Kalimantan Selatan Tahun 2021

Banjarbaru April 2021. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN/SM) sukses melaksanakan Rapat Kordinasi Daerah (RAKORDA) 1 secara daring, yang dilaksanakan pada hari Kamis & Jum’at tanggal 15-16 April 2021. Rakor ini dilaksanakan selama 2 hari yang diikuti oleh peserta dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalsel, Kanwil Kemenag Prov. Kalsel, Dinas Pendidikan Kab/Kota, Kemenag Kab/Kota selain itu juga dari KPA (Koordinator Pelaksana Akreditasi). Acara dimulai dengan sambutan dari Dr. Ali Rachman selaku ketua BAN SM Prov. Kalsel, beliau juga memaparkan terkait kuota akreditasi Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 176 sekolah/madrasah baik dilingkungan Dinas Pendidikan maupun Kementerian Agama yang dilaksanakan secara daring dan luring dengan harapan kegiatan akreditasi dapat berjalan dengan lancar dan sesuai yang diharapkan.

Selama 2 hari kegiatan telah disampaikan oleh 6 orang narasumber yakni:

  1. Prof. Dr. H. Muchlas Samani, M.Pd. selaku Pembina BAN SM Provinsi Kalimantan Selatan
  2. Drs. H. Muhammad Yusuf Effendi, M. AP selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan
  3. Drs. Adnan, M.Pd.I selaku perwakilan dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan
  4. Dr. H. Eddy Khairuddin, ME. selaku anggota BAN SM Provinsi Kalimantan Selatan
  5. Drs. H. Abd. Rivai, M.AP selaku anggota BAN SM Provinsi Kalimantan Selatan
  6. Dra. Hj. Rusnailah, M.Pd. selaku sekretaris BAN SM Provinsi Kalimantan Selatan

Hari pertama pelaksanaan RAKORDA 1 diawali dengan sambutan oleh ketua BAN SM Prov. Kalsel bapak Dr. Ali Rachman, M.Pd kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. H. Muchlas Samani, M.Pd. sebagai anggota BAN SM Pusat sekaligus Pembina BAN SM Prov. Kalsel yang menyampaikan materi tentang Kebijakan dan Pogram Akreditasi Sekolah/Madrasah tahun 2021, kemudian dilanjutkan oleh bapak Drs. H. Muhammad Yusuf Effendi, M. AP selaku Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalsel yang menyampaikan paparan materi Kebijakan Mutu Pendidikan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, kemudian dilanjutkan oleh Bapak Drs. Adnan, M.Pd.I selaku perwakilan dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan yang menyampaikan tentang Kebijakan Mutu Pendidikan di Wilayah Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan.

Hari kedua, Jumat pukul 08.30 WITA Bapak Dr. H. Eddy Khairuddin, ME. mengawali kegiatan dengan memaparkan materi POS Pelaksanaan Akreditasi SM 2021 hingga pukul 09.30 WITA, kemudian dilanjutkan oleh Bapak Drs. H. Abd. Rivai, M.AP yang memaparkan materi Surveilan hingga pukul 10.30 WITA, kemudian pukul 10.31 – 11.30 dilanjutkan dengan materi  Mekanisme Sistem Pemantauan Dashboard Untuk Otomasi Akreditasi SM yang dipaparkan oleh Dra. Hj. Rusnailah, M.Pd. selaku sekretaris BAN SM Prov. Kalsel. Dan pukul 11.31 acara RAKORDA 1 ditutup oleh ketua BAN SM Prov. Kalsel.

Hasil yang diharapkan dalam pelaksanaan RAKORDA 1:

  1. Memahami Kebijakan dan Pogram Akreditasi Sekolah 2021
  2. Memahami Kebijakan Mutu Pendidikan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan
  3. Memahami Kebijakan Mutu Pendidikan di Wilayah Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan
  4. Memahami POS Pelaksanaan Akreditasi SM 2021
  5. Memahami Surveilan
  6. Memahami Mekanisme Sistem Pemantauan Dashboard Untuk Otomasi Akreditasi SM